Saturday, July 25, 2020

Normal Baru di Jepang: Kantong Plastik Berbayar

Ternyata bukan hanya menggunakan masker setiap musim, menjaga jarak fisik dan (lebih) rajin mencuci tangan yang menjadi kehidupan normal baru di Jepang. Sejak tanggal 1 Juli lalu, yang masih dalam masa pandemi Covid-19, Jepang menerapkan kantong plastik berbayar. Meski sebelum diberlakukannya kebijakan ini, beberapa toko dan supermarket sudah memulainya. Kini seluruh supermarket dan toko, mulai konbini hingga street vendor, dari penjual sayur sampai penjual pakaian, wajib menerapkan kebijakan kantong plastik berbayar. Sebelumnya Jepang dikenal murah hati memberikan kantong plastik bagi konsumennya. Seperti saat berbelanja di supermarket, tak segan mereka akan memberikan beberapa kantong plastik untuk memisahkan barang belanjaan "basah" dan "kering". Kini tak kan lagi dijumpai salaryman di pagi hari dengan kantong plastik kecil berisi teh dan onigiri. Inilah kehidupan normal baru di Jepang.


Jepang termasuk terlambat menerapkan kebijakan kantong plastik berbayar jika dibandingkan dengan negara lain, termasuk Indonesia. Upaya mengurangi limbah sampah plastik memang dimulai dari mengurangi penggunaannya. Meski di Jepang pembuangan sampah sudah dipisahkan menurut pengolahannya. Jepang sendiri tidak mampu mengolah semua sampah plastik se-negara. Beberapa "dibuang" dalam kontainer ke negara lain. Yang kemudian ujung-ujungnya dibuang ke laut. Masalah sampah plastik adalah masalah besar dunia bagi lingkungan hidup. 

Maka mulai dari tindakan sederhana membawa tas belanja (eco bag) sendiri saat berbelanja, kita bisa mengurangi masalah besar itu. Selain hemat dan ramah lingkungan, eco bag bisa dijumpai dengan berbagai design yang menarik dan kawaii ala Jepang. Kini kalau belanja, tinggal katakan ke kasirnya "fukuro wa iranai desu". 

0 comments:

About This Blog

There are what I do, see, feel, think, and dream. Enjoy it!

wishlist

Kerja di Jepang, Belanda/Paris/Italy; sepeda ontel yang keren; punya buku sendiri.
free counters

About Me

My photo
Jakarta, Indonesia
@nikenkd / process engineer / interested in process technology and nanotechnology / book addict / loves tea / likes shoots

  © Free Blogger Templates 'Photoblog II' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP