Sunday, May 17, 2020

Natto: Tempe-nya Jepang

natto dengan nasi hangat
Butuh setahun lebih untuk bisa makan dan menikmati natto. Itu juga karena rasa kangen makan tempe. Natto adalah makanan dari kacang kedelai yang difermentasi oleh bakteri Bacillus subtilis. Sebagaimana tempe di Indonesia, natto adalah makan fermentasi mengandung protein tinggi dan harganya ramah banget di kantong. Meski sehat dan murah, tak banyak orang menyukai natto, terlebih orang asing. Bagi saya sendiri membutuhkan keberanian untuk mencoba dan menikmati sampai akhirnya kini ketagihan. Bagian yang menantang adalah baunya yang khas dan teksturnya yang lengket.

Karena natto adalah hasil proses fermentasi, maka natto mengandung bakteri probiotik yang baik untuk pencernaan. Selain itu, natto kaya akan vitamin K yang baik untuk tulang. Natto biasa disajikan dengan nasi hangat sebagai menu sarapan. Kalau makan tempe harus digoreng atau direbus dulu, natto dapat langsung dimakan dengan diaduk bersama soy sauce dan mustard paste. Di kalangan turis, natto jarang dimasukkan dalam kuliner yang wajib dicoba, meski sangat mudah ditemui di mana saja di Jepang.

Natto ditemukan secara tidak sengaja saat perang terjadi di Jepang. Para tentara saat itu lupa dan menyadari bahwa kedelai masak yang disimpan di jerami setelah beberapa hari membusuk atau terfermentasi oleh bakteri. Namun karena kedaan darurat perang dan tidak ada lain lagi yang bisa dimakan, para tentara tetap memakannya dan tak disangka rasanya enak. Hingga saat ini beberapa orang Jepang mengkonsumsi natto karena rasanya (yang katanya) enak dan khasiatnya.

Bahkan akhir-akhir ini, di tengah pandemi Covid 19, natto dipercaya selain kaya manfaat juga mampu mengingkatan imunitas. Sehingga beberapa waktu lalu natto pun ludes layaknya masker dan toilet paper. Sebagai perantau di tengah pandemi, saya banyak belajar bersama natto, sehat dan selamat adalah yang utama, enak ataupun tidak enak itu cuma soal rasa dan kebiasaan.

Salam sehat dari Yokohama,
Mei 2020

0 comments:

About This Blog

There are what I do, see, feel, think, and dream. Enjoy it!

wishlist

Kerja di Jepang, Belanda/Paris/Italy; sepeda ontel yang keren; punya buku sendiri.
free counters

About Me

My photo
Jakarta, Indonesia
@nikenkd / process engineer / interested in process technology and nanotechnology / book addict / loves tea / likes shoots

  © Free Blogger Templates 'Photoblog II' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP