Wednesday, September 2, 2020

Di Balik Toilet Yang Transparan

Tokyo Toilet Project designed by Shigeru Ban

Masih ingat di benak saya ketika pertama kali tiba di bandara Haneda, Tokyo, Jepang, saya cepat-cepat mencari toilet lalu terkagum-kagum dengan kebersihan dan teknologi toilet di Jepang. Maka setiap pergi ke suatu tempat, saya sengaja menengok toiletnya dan sebagian besar memuaskan. Menjaga toilet bersih dan nyaman bagi siapapun penggunanya adalah tanggung jawab bersama. Pemahaman itulah yang ditanamakan orang Jepang sejak usia dini. Kebiasaan hidup, spirit, juga dibarengi dengan teknologi membuahkan stereotype toilet Jepang yang dikenal canggih, bersih dan nyaman. 

Beberapa tahun belakang ini, dengan banyaknya penduduk, lebih-lebih pendatang dan faktor baru yang timbul karenanya, juga modernisasi yang membuat orang melalaikan nilai-nilai, toilet pun terkena imbasnya. Meski tidak banyak, di beberapa tempat umum toilet menjadi sesuatu yang menakutkan: gelap, kotor, berbau. Jauh dari nyaman dan aman. Salah satunya toilet di taman publik yang dikenal gelap dan kurang tergaja kebersihannya.


The Tokyo Toilet Project adalah usaha membuat toilet yang nyaman bagi siapapun penggunanya. Salah satu karya Tokyo Toilet Project yang sedang hits saat ini adalah Transparan Toilet karya Shigeru Ban. Menghilangkan gambaran toilet di taman yang gelap dan kotor, Shigeru Ban mendesign toilet dimana penggunanya bisa merasa aman dan nyaman. Dengan dinding yang transparan, calon pengguna toilet bisa memastikan tidak orang yang bersembunyi di dalamnya. Selain itu juga membuat penggunanya memastikan toilet bersih setelah menggunakannya karena akan terlihat dari luar jika tidak bersih. Sementara itu, saat pintu dikunci, dinding toilet akan menjadi opaque/tidak transparan untuk menjaga privasi pengguna.


Inilah karya briliant memadukan teknik arsitektur, design, teknologi dan seni yang juga kaya filosofi dibaliknya. Kalau hidup cuma mampir p*p*s dan b*k*r maka lakukanlah dengan beradab.


0 comments:

About This Blog

There are what I do, see, feel, think, and dream. Enjoy it!

wishlist

Kerja di Jepang, Belanda/Paris/Italy; sepeda ontel yang keren; punya buku sendiri.
free counters

About Me

My photo
Jakarta, Indonesia
@nikenkd / process engineer / interested in process technology and nanotechnology / book addict / loves tea / likes shoots

  © Free Blogger Templates 'Photoblog II' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP