Sunday, March 17, 2019

Mudahnya Mengurus Paspor di Jepang

Tinggal untuk beberapa waktu di Jepang, tidak meninggalkan hak dan kewajiban kita sebagai WNI. Demikian pula untuk urusan dokumen negara, yaitu perpanjang paspor. Mengalami masa paspor berlaku habis saat tinggal di Jepang adalah sebuah berkah, setidaknya bagi saya begitu. Membayangkan pengurusan paspor di Jakarta saja sudah lelah apalagi menjalaninya. Di Jeoang, semua urusan kenegaraan Republik Indonesia berada di KBRI Tokyo di Meguro. Untungnya jarak Yokohama-Tokyo tidak terlalu jauh dan mudah ditempuh dengan kereta selama 40-50 menit. Dan pasti orang yang datang untuk mengurus aneka dokumen negara tak sebanyak di Jakarta.

Pelayanan untuk pengurusan dokumen negara dibuka pada jam 09.30-14.30. Sementara itu pintu sudah mulai dibuka sejak jam 09.00. Tiba di KBRI, saya masuk di depan ruang pelayanan yang saat itu masih belum buka. Ternyata sudah ada 2 orang lain yang juga akan memperpanjang paspor. Jadi saya mendapat urutan ketiga. Segera setelah pintu ruang pelayanan dibuka, kami segera mengambil nomer urut di mesin pelayanan lalu menunggu panggilan.

Untuk pengurusan perpanjangan paspor pastikan berkas-berkas berikut sudah terpenuhi:
1. Fotokopi bukti domisili di Jepang/residence card depan dan belakang dalam 1 halaman
2. Fotokopi dokumen keluaran Indonesia seperti akta lahir / KK / Ijazah
3. Fotokopi dokumen pelengkap seperti kartu mahasiswa / surat keterangan kerja (certificate of employee)
4. 1 lembar pas photo terbaru 4x6
5. Paspor asli dan fotokopi halaman identitas dan alamat dalam 1 halaman

Selain dokumen tersebut, pemohon harus mengisi form perpanjangan paspor yang bisa di download di web KBRI Tokyo. Jika seluruh persyaratan dokumen terpenuhi, proses perpanjangan paspor pun berjalan lancar. Setelah dipanggil oleh petugas dan mengkonfirmasi seluruh data sudah benar, dilanjutkan dengan pengambilan foto untuk paspor dan input sidik jari. Sambil menunggu proses selesai, petugas akan meminta kita membeli tiket pengurusan paspor di mesin otomatis sebesar ¥3200. Lalu petugas akan memberikan bukti tanda terima pembayaran pembuatan paspor. Selesai.

Paspor akan selesai dalam 3 hari. Pemohon bisa mengambil sendiri di KBRI Tokyo atau meminta pihak KBRI mengirimkan ke alamat yang diminta dengan menyertakan letter pack yang mudah dibeli di lawson/sevel/family mart. Demikianlah saya 3 hari kemudian menerima paspor baru saya dengan gembira. Yang akan jadi kenangan adalah akan tertulis tempat dikeluarkan paspor KBRI Tokyo dan halaman alamat akan ditambah alamat di Jepang. 

Ah mudahnya mengurus paspor di Jepang!

0 comments:

About This Blog

There are what I do, see, feel, think, and dream. Enjoy it!

wishlist

Kerja di Jepang, Belanda/Paris/Italy; sepeda ontel yang keren; punya buku sendiri.
free counters

About Me

My photo
Jakarta, Indonesia
@nikenkd / process engineer / interested in process technology and nanotechnology / book addict / loves tea / likes shoots

  © Free Blogger Templates 'Photoblog II' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP