Tuesday, August 7, 2018

Indonesia Tersenyum Bersama Mice Cartoon

Benny-Mice, kolaborasi kartun Muhammad "Mice" Misrad bersama Benny Rachmadi berhasil mewarnai hari-hari minggu saya dengan senyuman. Hingga kini sendiri dengan nama Mice Cartoon, tak pernah sekalipun saya melewatkan kartun pendek Mice di halaman koran Kompas Minggu. Mice mengangkat tema keseharian manusia Indonesia ke dalam kartun buatannya. Aktual dan beragam, mulai soal gawai, piala dunia, selfie, macet, banjir, hingga seputar dunia politik. Tak mengherankan jika kartun-kartun karyanya adalah gambaran "Indonesia banget". Bukan hanya menghibur tapi lewat sindiran halus Mice membuat pembacanya berpikir ulang akan kesehariannya selama ini.

Lagak Jakarta, 100 Tokoh Yang Mewarnai Jakarta, Jakarta Luar Dalam, Jakarta Atas Bawah, Lost in Bali 1 & 2, Tiga Manula Jalan-Jalan ke Singapura adalah karya-karyanya yang dibukukan bersama Benny Rachmadi. Hingga ini berkaya sendiri, Mice masih aktif melahirkan buku-buku kartun karyanya: Obladi Oblada Life Must Go On, Andai Aku Jadi Gubernur Jakarta, Politik Santun Dalam Kartun, Indonesia Banget 1 & 2, dan kini United Colors of Indonesia 1 & 2 lahir bersamaan peringatan 20 tahun ia berkarya. Selain itu, pameran tunggal karya-karyanya digelar di Galeri Nasional sejak bulan lalu. Mice mengajak pengunjung pameran untuk tersenyum bersama. Sepintas, kartun dipandang hanya sebatas hiburan remeh ala anak-anak. Tapi Mice menunjukan bahwa kartun adalah media untuk menyampaikan pesan, kegelisahan sekaligus kegembiraan dari kesehariannya hidup di Indonesia.


Kartun-kartun Mice menjadi representasi Indonesia yang multikultural yang terus bertumbuh menemukan bentuknya di antara harapan dan keputusasaan. Sementara kita akan terus tersenyum bersama kartun-kartun Mice merayakan kehidupan. 

0 comments:

About This Blog

There are what I do, see, feel, think, and dream. Enjoy it!

wishlist

Kerja di Jepang, Belanda/Paris/Italy; sepeda ontel yang keren; punya buku sendiri.
free counters

About Me

My photo
Jakarta, Indonesia
@nikenkd / process engineer / interested in process technology and nanotechnology / book addict / loves tea / likes shoots

  © Free Blogger Templates 'Photoblog II' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP