Monday, June 4, 2018

ARTJOG 2018: Perjalanan Mencari Pencerahan

Sea remembers - Mulyana Mogus
Pencerahan bagi tiap-tiap orang mempunyai makna yang berbeda. Demikian pula bagi puluhan seniman yang kali ini menggelar karyanya di ARTJOG, pameran seni kontemporer tahunan di Jogjakarta. ARTJOG 2018 kali ini mengambil tema Enlightenment: Towards Various Futures. Ratusan karya dari proses memaknai pencerahan dipamerkan di Jogja National Museum sejak awal Mei lalu hingga awal Juni nanti. Jogjakarta menjadi salah satu kota tersubur kedua setelah Jakarta bagi tumbuhnya seniman. Maka tak heran di ARTJOG menjadi ajang yang menarik bagi penggiat dan penikmat seni nusantara. Tak hanya banyak seniman Jogja, tapi juga Jakarta bahkan luar negeri ikut memamerkan karyanya di ARTJOG.

Jogja menjadi kota sederhana yang mencerahkan bagi sebagian orang, termasuk saya. Sejak orang tua saya memutuskan tinggal di Jogja, ritual pulang kampung pun menjadi sering. Termasuk menyempatkan diri ke melihat pameran seni di ARTJOG kali ini. Setelah melalui perjalanan yang cukup melelahkan, sampailah saya bersama seorang teman di Jogja National Museum. Melihat dan menikmati karya seni adalah bentuk rekreasi bagi saya kaum urban perkotaan yang setiap harinya tenggelam pada kesibukan bekerja. Saya selalu berdecak kagum bagaimana proses mencari dan menemukan bentuk karya yang bisa mempunyai makna sekaligus indah untuk dinikmati.

Seperti para seniman yang berproses dan menghasilkan karya, hidup pun demikian. Setiap waktu kita mencari pencerahan atas peristiwa hidup yang kita alami. Perjalanan mencari pencerahan pun tidak selalu mudah. Kita harus peka dan terbuka kepada segala kemungkinan yang ada. Kadang pencerahan pun muncul bukan dari hal yang muluk-muluk, melainkan dari hal kecil dan sederhana. Dengan mengunjungi ARTJOG 2018 ini, saya menyadari, kita hanya setitik kecil dari sebuah karya agung semesta dan bersama yang lain kita bisa mewujudkan percerahan itu dalam kehidupan bersemesta.

0 comments:

About This Blog

There are what I do, see, feel, think, and dream. Enjoy it!

wishlist

Kerja di Jepang, Belanda/Paris/Italy; sepeda ontel yang keren; punya buku sendiri.
free counters

About Me

My photo
Jakarta, Indonesia
@nikenkd / process engineer / interested in process technology and nanotechnology / book addict / loves tea / likes shoots

  © Free Blogger Templates 'Photoblog II' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP