Saturday, January 7, 2017

Sihing

Meski lahir dan besar di Jawa, saya tidak paham benar bahasa Jawa alus, terutama bahasa Jawa yang digunakan saat misa bahasa jawa. Seperti misa malam Natal yang lalu, mengikuti misa bahasa Jawa memberi pengalaman rasa yang berbeda. Pernah mengikuti misa beberapa bahasa asing, misa bahasa Jawa mempunyai daya magisnya sendiri. Saya tak perlu banyak mencari tau artinya, melainkan hanya merasakannya. 


Drama singkat Maria menerima kabar dari malaikat, Maria mengunjungi Elisabet hingga Kelahiran Yesus disuguhkan dengan indah melalui tarian dan dialog bahasa Jawa. Diiringi musik gamelan menambah syahdunya suasana malam itu. Hingga pada suatu bacaan, saya menemukan kata Sihing.

Sihing, yang dalam bahasa Indonesia berarti kasihNya, terdengar begitu romantis. Mengingatkan saya berbagai peristiwa yang sudah saya lalui sepanjang tahun lalu. Saya percaya tak ada satupun yang terlewat dari kasihNya. KasihNya menjelma dan mewujud dalam berbagai rupa. Tak pernah padam, hanya kadang saya lalai menyadarinya.

0 comments:

About This Blog

There are what I do, see, feel, think, and dream. Enjoy it!

wishlist

Kerja di Jepang, Belanda/Paris/Italy; sepeda ontel yang keren; punya buku sendiri.
free counters

About Me

My photo
Jakarta, Indonesia
@nikenkd / process engineer / interested in process technology and nanotechnology / book addict / loves tea / likes shoots

  © Free Blogger Templates 'Photoblog II' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP