Tuesday, January 18, 2022

Musim Dingin dan Desolasi

Meski kali ini bukan musim dingin pertama saya di Jepang, tapi baru tahun ini saya sangat merasa kedinginan hampir sepanjang hari. Awalnya saya pikir karena saya baru kembali dari mudik ke Indonesia, sehingga perubahan temperature yang drastis membuat saya merasa kedinginan. Temperature ruangan pun sudah diatur sama dengan temperature tropis tapi saya tetap merasa kedinginan. Kemudian saya pikir mungkin ini karena perubahan mendadak setelah mudik ke rumah bisa berkumpul dengan orang tua, adik dan 2 keponakan yang membuat hari-hari riuh ramai kemudian kembali harus berjuang sendiri di Jepang. Ditambah karantina lagi jadi belum bebas jalan-jalan keluar. Sudah satu minggu berlalu dan saya masih sering mengeluh kedinginan. Rasa-rasanya saya sudah mengumpulkan semua alasan masuk akal yang membuat saya kedinginan. Masalahnya kini bukan cuma kedinginan, tapi lama kelamaan merembet menjadi alasan lain. Karena takut kedinginan saya malas mandi, malas beranjak dari bawah selimut, malas bangun pagi, malas berdoa (meski sebenarnya bukan sejak kedinginan), malas makan, malas pake lotion padahal kulit kering karena dingin. 

Seminggu sudah berlangsung "alasan" kedinginan karena musim dingin. Dari masuk akal menjadi kurang masuk akal.  Saya mengingat kembali perasaan-perasaan yang muncul itu lalu tersadar akan suasana desolasi yang pernah saya alamai sebelumnya. Desolasi atau dalam bahasa kerennya desolation, adalah keadaan dimana diri ini menjauh dari Tuhan, lingkungan sekitar bahkan diri sendiri. Karena itu, munculah perasaan dingin dan kering, seperti di tengah padang pasir. Sementara itu, lawannya yaitu consolation adalah keadaan yang penuh gairah, excitement, lively, sehingga hati dan hidup dipenuhi sukacita dan kehangatan. 

Musim dingin yang tak punya salah apa-apa terpaksa saya kambing hitamkan. Lekas-lekas saya mandi air hangat dan minum teh manis hangat. Dingin memang makin terasa di musim dingin tapi ada banyak pilihan menjadi hangat, termasuk pilihan dari diri sendiri dan berkat dari Tuhan berupa consolation

0 comments:

About This Blog

There are what I do, see, feel, think, and dream. Enjoy it!

wishlist

Kerja di Jepang, Belanda/Paris/Italy; sepeda ontel yang keren; punya buku sendiri.
free counters

About Me

My photo
Jakarta, Indonesia
@nikenkd / process engineer / interested in process technology and nanotechnology / book addict / loves tea / likes shoots

  © Free Blogger Templates 'Photoblog II' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP