Monday, November 25, 2013

orang-orang proyek

Matahari bersinar cerah di langit Cilacap siang itu. Sambil menunggu kedatangan senior saya dari kantor Pertamina, saya diajak sopir kantor untuk menunggu di sebuah warung. Meski saya tidak sempat mengantongi beberapa rupiah, saya nurut aja dengan sedikit malu mengatakan bahwa saya tidak membawa uang. Di warung tempat saya dan sang sopir menunggu, ada dua orang lain yang menggunakan pakaian yang sama dengan kami. Itu artinya kami bekerja pada proyek yang sama. Di site Cilacap, proyek kami berada, setiap pekerja menggunakan wearpack, baju terusan lengkap dengan sepatu dan helm safety. Setelah menyapa dan berkenalan dengan 2 kawan baru saya, seorang junior dan seorang lagi (sangat) senior, saya makan lotek pesanan saya. Dan siapa sangka, bapak senior yang baru saya kenal itu membayar 2 lotek saya dan sopir kantor saya. 


Bagi orang lapangan, mengenakan baju proyek yang sama adalah saudara sendiri. Saudara sebangsa yang membangun negeri. Bagi orang lapangan pula, kebersamaan dan kesuksesan bersama menjadi orientasi. Berbeda dengan kantor Jakarta dimana tiap orang berorientasi pada keuntungan dan uang. Kepergian saya ke site Cilacap ini mengajari banyak hal yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Setiap tempat baru memang memberi pengalaman baru. Jadi kenapa harus takut dengan yang baru?!


0 comments:

About This Blog

There are what I do, see, feel, think, and dream. Enjoy it!

wishlist

Kerja di Jepang, Belanda/Paris/Italy; sepeda ontel yang keren; punya buku sendiri.
free counters

About Me

My photo
Jakarta, Indonesia
@nikenkd / process engineer / interested in process technology and nanotechnology / book addict / loves tea / likes shoots

  © Free Blogger Templates 'Photoblog II' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP