Sunday, March 22, 2015

Yunani dan nanti..

Sejak muncul di film Before Midnight, Yunani semakin menarik minat saya untuk berkunjung. Di film itu digambarkan kota Peloponnese di Yunani melalui pemandangan indah pengunungan, reruntuhan sejarah, teluk dan pantai. Kalau mengikuti sejak awal kisah Jesse dan Celine, pastinya menambah kesan romantis di kota yang menjadi bagian negara Yunani ini.

Yunani juga saya temui saat membaca karya Romo Mangun: Burung-Burung Rantau. Sebuah kisah manusia generasi pasca Indonesia dalam menyikapi kehidupan. Dalam perayaan pernikahan anak keluarga Wiranto, Bowo di Pulau Samos Yunani, Candra, Neti, dan Gandi bergulat dengan berbagai pertanyaan sambil menikmati keagungan Yunani sebagai bangsa "pandai". Mereka percaya kemajuan budaya barat bermula dari Yunani. Maka segala pertanyaan dan pernyataan kritis muncul dari pikiran mereka bertiga.

Barangkali Richard Linklater, director film Before Midnight mempunyai alasan tersendiri memilih Yunani sebagai setting film. Setelah dua film pendahulunya Before Sunrise berlatar di Vienna dan Before Sunset berlatar di Paris, Peloponnese di Yunani memiliki arti romantis sekaligus kritis bagi kehidupan cinta pasangan Jesse dan Celine.

Demikian juga Romo Mangun, ia percaya Yunani sebagai palungan peradaban dunia memiliki peran penting bagi keIndonesiaan. Maka dalam novelnya Burung-Burung Rantau yang berlatar Yunani, Romo Mangun menyampaikan ide filosofis atas manusia Indonesia generasi baru.

Kita tahu nama-nama besar Socrates, Plato, Epikuros, Aristoteles, Phytagoras adalah filsuf-filsuf Yunani yang menyadi penyumbang besar bagi kemajuan dunia atas pemikirannya. Yunani merupakan bangsa maju yang selalu muncul di buku-buku sejarah dunia. Bangsa yang menjadi penyelenggara upacara olahraga pertama di dunia, Olimpiade. Bangsa yang dalam sejarahnya dulu memilliki banyak dewa. Dan bahasa latin yang digunakannya menjadi salah satu bahasa yang sulit namun favorit untuk dipelajari.

Maka nanti, saya harus mengalami dan merasakan sendiri keindahan yang mempesona baik alamnya maupun dunia idenya.

2015

About This Blog

There are what I do, see, feel, think, and dream. Enjoy it!

wishlist

Kerja di Jepang, Belanda/Paris/Italy; sepeda ontel yang keren; punya buku sendiri.
free counters

About Me

My photo
Jakarta, Indonesia
@nikenkd / process engineer / interested in process technology and nanotechnology / book addict / loves tea / likes shoots

  © Free Blogger Templates 'Photoblog II' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP